Selasa, 20 Mei 2014

adit 5



BAB V

 
PENUTUP



A.    Kesimpulan
      Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dari keseluruhan hasil analisis yaitu sebagai berikut :
1.      Dari hasil analisis kinerja keuangan dengan rasio likuiditas, bahwa kinerja keuangan untuk PT. ANTAM mengalami fluktuasi setiap tahunnya yang menunjukkan bahwa perusahaan termasuk kurang baik tetapi jika dibanding dengan standart rata-rata untuk perusahaan itu termasuk baik karena mampu menutupi utang jangka pendeknya dengan rasio minimal 200%.
2.      Dari hasil analisis kinerja keuangan dengan rasio solvabilitas, bahwa kinerja keuangan untuk PT. ANTAM yang diukur dari aktiva yang dibiayai hutang jangka panjang untuk setiap tahunnya selalu meningkat yang menunjukkan bahwa perusahaan itu belum baik dalam memanejemen aktiva perusahaannya karena setiap tahun rasio hutang jangka panjang selalu meningkat.
3.      Dari hasil analisis kinerja keuangan dengan rasio profitabilitas, bahwa kinerja keuangan untuk PT. ANTAM baik karna perusahaan dapat menghasilkan laba yang hampir selalu naik walaupun saat tahun 2011 perusahaan mengalami penurunan dengan rasio rata-rata 1% dari tahun 2010 ,tetapi perusahaan dapat memperbaiki penurunan laba tersebut pada tahun 2012.
4.      Dari hasil analisis kinerja keuangan dengan metode EVA, yang menunjukkan bahwa rata-rata kinerja keuangan perusahaan pertahun sebesar Rp. 154.015.217.761,- dan dari hasil tersebut dapat dikatakan baik karena perusahaan setiap tahunnya nilai EVA terus meningkat dari tahun sebelumnya.

B.     Saran-Saran
      Dari hasil kesimpulan yang telah diuraikan di atas, maka selanjutnya dapat diberikan saran-saran sebagai bahan masukan bagi pihak perusahaan yaitu sebagai berikut :
1.    Disarankan agar PT. Aneka Tambang Tbk perlu meminimumkan hutang lancar dan memaksimalkan aktiva lancar yang ada, dimana dengan meminimumkan hutang lancar dapat menghindarkan perusahaan dari apa yang dikatakan likuid tersebut.
2.    Disarankan agar PT. Aneka Tambang Tbk perlu meminimumkan hutang jangka panjangnya dan memaksimalkan aktiva dari ekuitas perusahaan dalam pengelolaan perusahaan.
3.    Disarankan agar PT. Aneka Tambang Tbk perlu meningkatkan laba, dimana dengan adanya peningkatan laba perusahaan maka akan dapat berpengaruh terhadap pencapaian laba dalam pengelolaan usaha.
4.    Disarankan agar PT. Aneka Tambang Tbk perlu meningkatkan laba dengan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan biaya dalam pengelolaan perusahaan.
5.    Dan untuk saran yang terakhir agar semua yang sudah baik-baik dalam 3 tahun terakhir di pertahankan dan dapat ditingkatkan lagi untuk kedepannya.

















Daftar Pustaka

Eugene, Brigham and Joel Houston. 2001. Fundamentals Of Financial Management. Eighth Edition, Diterjemahkan oleh Herman Wibowo, Manajemen Keuangan, Edisi kedelapan, Erlangga, Jakarta.
Hanafi, M. Mamduh Dr, MBA, dkk. 1995. Analisis laporan Keuangan, Edisi Revisi; UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
_____, M Mamduh dan Abdul Halim. 2003. Analisis Laporan Keuangan, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Mahmud, Abdul Halim. 2003. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama, UPP STIE YKPN, Yogyakarta.
Mirza, Teuku. 1997. EVA Sebagai Alat Penilai, Usahawan No.4, XXVI. Stewart, G Bennet,  Stern, Joel M. 1997. EVA sebagai Alat Penilai; Majalah Usahawan, No.04 / Th XXVI / April.
Mulyadi. 1997. Akuntansi Manajemen, Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi Kedua, STIE YKPN, Yogyakarta.
Riyanto, Bambang. 1997. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.
Rousana, Mike. 1997. Memanfaatkan EVA Untuk Menilai Perusahaan di Pasar Modal Indonesia, Majalah Usahawan No.4 TH XXVI (April):  18-20.
Sartono, A. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi 3, BPFE, Yogyakarta.
Syamsudin, Lukman. 2002. Manajemen Keuangan Perusahaan. PT. Raja Grafindo. Jakarta.
Utama, Sidartha. 1997. Economic Value Added, Pengukur Penciptaan Nilai Perusahaan. Majalah Usahawan no 04 th XXVI, April.
Warsono. 2002. Manajemen Keuangan Perusahaan, Jilid I, Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Penerbit UMM Press, Malang.
_______. 2003. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Ketiga, Bayumedia, Malang.
Weston, J.F dan E.F. Brigham. 1994. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan Al Fonsus Sirait, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Cetakan Pertama, Penerbit Erlangga, Jakarta.
______, J.F dan T.E. Copeland. 1997. Management Finance, Alih bahasa Jaka Wibisana dan Kirkbrandoko; Manajemen Keuangan, Jilid I dan II, Edisi ke-9, Penerbit Bina Rupa Aksara, Jakarta.
Widayanto, Gatot. 1993. Nitami / EVA, Suatu Terobosan Baru dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan, Majalah Usahawan No. 12 TH XXII: 50-51.
Young, S. David and Stephen O’Byrne. 2001. EVA and Value-Based Management: A pratical Guide to Implementation, Diterjemahkan oleh Lusy Widjaja.. Salemba Empat, Jakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar